SBL

Organisasi SBL merupakan kepanjangan dari Sekolah Berbudaya Lingkungan. Organisasi ini awalnya bukan merupakan organisasi peserta didik, tetapi beberapa guru yang terkumpul untuk mewujudkan sekolah adiwiyata. Sekolah adiwiyata adalah Sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita. Tetapi setelah berjalan kurang lebih 1 tahun, dirasakan perlunya keterlibatan peserta didik lebih jauh lagi. Maka dari itu, pada tahun 2015 dibentuk organisasi SBL dengan ketua pertama yaitu Salman Ramadhan.

SBL (Sekolah Berbudaya Lingkungan) adalah wahana yang mampu mendukung dan berperan nyata dalam upaya menumbuhkembangkan sumberdaya manusia (SDM) yang berbudaya lingkungan yang dilandasi oleh kesadaran dan pemahaman atas kondisi lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar. Upaya mewujudkan generasi berbudaya lingkungan , dengan cara mendisiplinkan para siswa untuk mengikuti peraturan sekolah dengan baik contohnya saja dengan membuang sampah pada tempatnya maka kita sudah melaksanakan sedikit tentang Sekolah Berbudaya Lingkungan, dengan adanya Sekolah Berbudaya Lingkungan menunjukan kegembiraan kepada semua Siswa-siswi , Namun. SBL sebagai basis keunggulan sekolah yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran diri sendiri dan penghayatan tentang pentingnya hidup selaras dengan lingkungan

Tugas dari organisasi ini yaitu melakukan pemberian contoh, pemantauan, pemeriksaan dan penjagaan lingkungan di sekitar. Mereka melakukan pembersihan dan perawatan secara berkala di lingkungan sekolah. Mereka juga melakukan patroli pengawasan kebersihan setiap kelas dan lorong kelas pada jam jam istirahat, dan juga pada jam pulang sekolah.

Organisasi ini kini dipimpin oleh Alya dari kelas 8E yang merupakan ketua organisasi SBL untuk tahun 2019/2020. Semoga dengan kepemimpinan yang sekarang organisasi SBL menjadi organisasi yang bisa lebih baik, lebih menjadi contoh, dan juga lebih bisa menjaga lingkungan baik di sekolah maupun juga di lingkungan sekitar.